8 Universitas Terbaik di Bandung Akreditasi A Terbaru

7 Universitas Terbaik di Bandung yang memiliki Akreditasi A

Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa barat. Bandung juga di sebut kota kembang dan senantiasa memancarkan pesonanya salah satunya yaitu di bidang Pendidikan. Banyak pelajar dari berbagai wilayah di Indonesia menuntut ilmu di kota ini. Banyak kampus yang memiliki kualitas pendidikannya yang sudah terjamin. Tidak heran banyak universitas negeri maupun swasta memiliki akreditasi A. berikut ini universitas terbaik di Bandung yang sudah memiliki Akreditasi A.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB)
Sumber gambar: www.international.itb.ac.id
Institut Teknologi Bandung yang biasa lebih dikenal dengan sebutan ITB didirikan pada tanggal 3 Juli 1920 sebagai Technische Hogeschool (TH) yang diresmikan oleh pemerintah Belanda. Kemudian  pada tanggal 2 Maret 1959 berubah nama menjadi Institut Teknologi Bandung dan diresmikan oleh Ir. Soekarno (Presiden Pertama Indonesia). ITB memiliki Moto In Harmoniae Progressio dalam Bahasa Indonesianya Kemajuan dalam Keselarasan.

ITB memiliki 7 Fakultas dan 5 sekolah yang terdiri dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB),  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Sekolah Farmasi (SF), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI).

ITB sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus ITB yaitu di Jl. Ganesha No.10, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132.

Peta Lokasi



2. Universitas Padjadjaran (Unpad)
Universitas Padjadjaran (Unpad)
Sumber gambar: 2.bp.blogspot.com
Universitas Padjadjaran (Unpad) didirikan pada tanggal 11 September 1957. Pemilihan nama "Padjadjaran" yang digunakan diambil dari nama kerajaan Sunda, yaitu Kerajaan Padjadjaran. Unpad merupakan perguruan tinggi negeri badan hukum. Pada 17 Oktober 2014, Penetapan Unpad sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum ditandatangani Presiden RI ke 6 yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Unpad sendiri memiliki 16 Fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik Geologi, Fakultas Peternakan dan Pascasarjana.

Unpad sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Unpad yaitu di Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363.

Peta Lokasi



3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Universitas Pendidikan Indonesia
Sumber gambar: 1.bp.blogspot.com
Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954. UPI memiliki moto A Leading and Outstanding University yang diartikan dalam Bahasa Indonesianya yaitu Universitas Pelopor dan Unggul.

 UPI memiliki 8 Fakultas, 5 kampus Daerah, sekolah Pacasarjana dan sekolah Laboratorium. UPI memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS), Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK), Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK), Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB), Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD). Kampus daerah terdiri dari Kampus UPI Cibiru, Kampus UPI Tasikmalaya, Kampus UPI Sumedang, Kampus UPI Purwakarta dan Kampus UPI Serang. Sedangkan untuk sekolah ada Sekolah Pascasarjana (SPs) dan Sekolah Laboratorium.

UPI sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus UPI yaitu di Jl. DR. Setiabudhi No.229, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154.

Peta Lokasi



4. Universitas Telkom
Universitas Telkom
Sumber gambar: hoteldekatkampus.com
Universitas Telkom didirikan pada tanggal 14 Agustus 2013. Universitas Telkom ini merupakan perguruan tinggi swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Universitas Telkom memiliki moto yaitu Creating the Future yang artinya menciptakan masa depan.

Universitas Telkom ini memiliki 7 fakultas yaitu Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Teknik Industri, Fakultas Komputasi, Fakultas Bisnis Ekonomi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif dan Fakultas Ilmu Terapan.

Pada bulan Desember 2016, Universitas Telkom telah terakreditasi “A” yang dinilai oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi Indonesia). Untuk lokasi kampus Universitas Telkom yaitu di Jl. Telekomunikasi, Jl. Terusan Buah Batu No.01, Sukapura, Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat 40257.

Peta Lokasi


5. Universitas Islam Bandung
Universitas Islam Bandung
Sumber gambar: i.ytimg.com
Universitas Islam Bandung didirikan pada tanggal 15 November 1958 sebagai Perguruan Islam Tinggi. Kemudian pada tahun 1967 hingga sekarang berubah nama menjadi Universitas Islam Bandung. Universitas Islam Bandung memiliki moto yaitu mujahid (Pejuang), mujtahid (Peneliti) dan mujaddid (Pembaharuan).

Universitas Islam Bandung memiliki 10 Fakultas yaitu Fakultas Syari'ah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Dakwah, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Kedokteran dan Pascasarjana.

UNISBA memperoleh akreditasi institusi dengan peringkat ”A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi Indonesia).  Untuk lokasi kampus Universitas Islam Bandung yaitu di Jl. Tamansari No.1, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116.

Peta Lokasi


6. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
Sumber gambar: 
https://uinsgd.ac.id/take-the-worlds-best-courses-online/
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati didirikan pada tanggal 8 April 1968 M bertepatan dengan 10 Muharram 1388 H berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 56 Tahun 1968.

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati memiliki 9 Fakultas yaitu Fakultas Ushuluddin, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Pascasarjana.

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus UIN Sunan Gunung Djati yaitu KAMPUS 1: Jalan A.H. Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614. KAMPUS 2: Jalan Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292. KAMPUS 3: Jalan Cileunyi Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40292.

Peta Lokasi


7. Universitas Katolik Parahyangan
Universitas Katolik Parahyangan
Sumber gambar: hoteldekatkampus.com
Universitas Katolik Parahyangan didirikan pada tahun 1955. Universitas Katolik Parahyangan merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia dan merupakan perguruan tinggi swasta.

Universitas Katolik Parahyangan memiliki Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, Fakultas Filsafat, Fakultas Teknologi Industri dan program Pascasarjana.

Universitas Katolik Parahyangan memperoleh akreditasi institusi dengan peringkat ”A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi Indonesia).  Untuk lokasi kampus Universitas Katolik Parahyangan yaitu di Jl. Ciumbuleuit No.94, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40141.

Peta Lokasi


8. Politeknik Negeri Bandung
Politeknik Negeri Bandung
Sumber gambar: e-learning.polban.ac.id
Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) didirikan pada tahun 1982 dan merupakan sebuah perguruan tinggi advokasi negeri. Mulanya POLBAN bernama Politeknik Institut Teknologi Bandung (Politeknik ITB) karena berada dalam naungan ITB. Politeknik ITB ini menjadi institusi mandiri yang terpisah dari ITB pada tahun 1999 dan berubah nama menjadi Politeknik Negeri Bandung.

POLBAN sendiri mempunyai berbagai jurusan yang dibagi lagi kedalam 2 kelompok yaitu rekayasa/teknik dan tata niaga. Kelompok Rekayasa yaitu Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Teknik Komputer dan Informatika. Kelompok Tata Niaga yaitu Jurusan Akuntansi, Jurusan Admnistrasi Niaga dan Jurusan Bahasa Inggris.

Politeknik Negeri Bandung memperoleh akreditasi institusi dengan peringkat ”A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi Indonesia).  Untuk lokasi Politeknik Negeri Bandung yaitu di Jl. Gegerkalong Hilir, Ciwaruga, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559

Peta Lokasi


berikut ini Universitas terbaik Akreditasi "A" di Bandung. setiap kampus mempunyai kelebihan tersendiri. semoga artikel ini dapat membantu kawan-kawan dalam mencari kampus yang ada di Bandung. Apabila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

jika terdapat uptade akreditasi mohon untuk menulis di kolom komentar ya.

terimakasih ya.