9 Universitas Terbaik di Yogyakarta Akreditasi A Terbaru


9 Universitas Terbaik di Yogyakarta yang memiliki Akreditasi A

Yogyakarta merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Yogyakarta juga disebut kota Pendidikan atau kota pelajar. Disebut kota pelajar karena Yogyakarta memiliki kualitas pendidikannya yang sudah terjamin kualitasnya. Tidak heran banyak Universitas negeri dan swasta yang memiliki akreditasi A. berikut ini universitas terbaik di Yogyakarta yang sudah memiliki Akreditasi A.

Universitas Gadjah Mada
Gambar: panoramio.com
Universitas Gadjah Mada (UGM) resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 sehingga UGM salah satu universitas tertua di Indonesia. UGM merupakan universitas negeri dan universitas terbaik di Yogyakarta maupun Indonesia. Saat pertama kali UGM didirikan hanya memiliki 6 Fakultas. 

sekarang UGM memiliki 18 Fakultas salah satunya yaitu sekolah Pascasarjana (S-2 dan S-3) dan satu sekolah Vokasi. UGM sendiri sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus UGM yaitu berlokasi di Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Peta Lokasi




2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


Universitas Negeri Yogyakarta
Sumber gambar: 3.bp.blogspot.com
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) didirikan pada tanggal 21 Mei 1964. Dulunya universitas ini bernama Institut Keguruan dan Ilmu (IKIP).  UNY merupakan satu-satunya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) diantara 20 Universitas di Indonesia yang layak masuk (the most promosing university) ke kelas dunia pada tahun 2007.

Sekarang UNY memiliki 8 Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Fakultas Ekonomi (FE) dan Program Pascasarjana (PPS).

UNY sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus UNY yaitu berlokasi di Jl. Colombo No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. 

Peta Lokasi




Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka)
Sumber gambar: mamikos.com
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA) ddirikan pada tanggal 26 September 1951. Uin Suka memiliki 8 Fakultas dan 1 Pascasarjana yang terdiri dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Pascasarjana.

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA) sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus UIN SUKA yaitu berlokasi di Jalan Laksda Adisucipto, Caturtunggal, Depok, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Peta Lokasi



4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)


Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
Sumber gambar: img.ayokuliah.id

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) didirikan pada tanggal 1 Maret 1981. UMY merupakan universitas swasta dan memiliki  moto yaitu “Unggul dan Islami. UMY saat ini memiliki 9 Fakultas yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Isipol, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Program Vokasi/Politeknik UMY (D III).

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus UMY yaitu berlokasi di Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Geblagan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183.

Peta Lokasi




Universitas Islam Indonesia (UII)
Sumber gambar: photos.wikimapia.org
Universitas Islam Indonesia (UII) didirikan pada tanggal 8 Juli 1945 dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI) di Jakarta. Sekolah Tinggi Islam resmi dibuka di Yogyakarta pada tanggal 10 April 1946. Kemudian pada tanggal 14 Desember 1947 Panitia Perbaikan STI menetapkan STI menjadi University Islam Indonesia berkedudukan di Yogyakarta. UII juga merupakan Perguruan Tinggi swasta yang tertua di Indonesia.

Universitas Islam Indonesia (UII) terdiri dari 8 Fakultas dan 1 Program Internasional yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Agama Islam, Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakutas Teknologi Industri, dan International Program.

Universitas Islam Indonesia (UII) sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Terpadu UII yaitu di Jalan Kaliurang km. 14,5 Sleman Yogyakarta 55584. 

Peta Lokasi




Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
Sumber gambar: http://static.panoramio.com
Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tanggal 18 November 1960. Fakultas UAD sendiri terdiri dari Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra, Budaya, dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Industri, Program Vokasi, Program Pascasarjana (S2), dan Program Profesi.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Terpadu yaitu di kampus 1 yang beralamat Jl. Kapas 9, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta 55166. 

Peta Lokasi




Universitas Atma Jaya (UAJY)
Sumber gambar: http://www.uajy.ac.id
Universitas Atma Jaya (UAJY) merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tanggal 27 September 1965. UAJY terdiri dari beberapa Fakultas yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknobiologi, Fakutas Teknologi Industri, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Program Magister.

UAJY sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus UAJY yaitu di Jl. Babarsari No.43, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Peta Lokasi




Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)
Sumber gambar: 4.bp.blogspot.com

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) didirikan pada tanggal 31 Oktober 1985. UKDW terdiri dari Fakultas Teologi, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Bisnis, Fakultas Bioteknologi, Fakultas Kedokteran, dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

UKDW sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus UKDW yaitu di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.5 – 25, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224.

Peta Lokasi



Universitas Sanata Dharma (USD)
Sumber gambar: www.jogjaland.net
Universitas Sanata Dharma (USD) mempunyai 7 fakultas dan satu program pascasarjana. Fakultas USD terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Sastra, Fakultas Teologi, dan Program Pasca Sarjana.

USD sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus USD yaitu di Jalan Affandi Tromol Pos 29, Mrican, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55002.

Peta Lokasi




berikut ini Universitas terbaik Akreditasi A di Yogyakarta. setiap kampus mempunyai kelebihan tersendiri. semoga artikel ini dapat membantu kawan-kawan dalam mencari kampus yang ada di Yogyakarta. apabila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

jika ada terdapat uptade akreditasi mohon untuk menulis d kolom komentar ya.

terimakasih ya.