Cara Mudah Membuat Halaman Berbeda di Word

Cara Mudah Membuat Halaman Berbeda di Word

Pada saat kita membuat tugas makalah, tesis, skripsi dan lain-lain pasti kita harus menambahkan nomor halaman. tujuan dari menambahkannya nomor halaman yaitu pada saat kita membaca kita tau halaman berapa yang sedang kita baca. 

Pada saat pemberian nomor halaman kita ingin format di halaman cover, halaman daftar isi, halaman daftar gambar dan sebagainya ingin mengunakan dengan format angka romawi kecil sedangkan di halaman bab I, bab II dan sebagainya kita ingin mengunakan angka tetapi disini angkanya yang satu di bagian bawah dan ada yang sebagian di bagian kanan atas. 

Berikut ini caranya membuat halaman berbeda di Microsoft Word. Langsung saja di simak baik-baik ya….

setelah makalah, tesis, skripsi dan lain-lain selesai, langkah selanjutnya yaitu menambahkan nomor halaman. caranya yaitu kita pergi ke Insert setelah itu pilih Page Number dan pilih yang Bottom of Page.


Berikut ini tampilan yang sudah ditambahkan nomor halaman. tetapi disini kita ingin membuat halaman yang berbeda. Oke kita lanjut ke tahap selanjutnya.


Selanjutnya kita ingin mengubah di daftar pustaka dengan angka romawi tinggal kita pilih Design selanjutnya pilih Page Number dan pilih Format Page Numbers. Setelah itu kita tinggal ubah Number formatnya. Setelah kita ubah di bagian Page numberingnya kita klik di bagian Start at untuk halaman kita mau di mulai dari number berapa.


setelah formatnya di rubah, kita ingin menghilangkan nomor yang ada di halaman Cover caranya yaitu kalian blok di nomor yang dibagian cover lalu kita pergi ke Design dan di centang bagian Different First Page. Maka dibagian halaman cover akan hilang nomornya seperti di gambar di bawah ini.


selanjutnya cursor kita diarahkan di bawah pada bagian akhir halaman daftar isi. Setelah itu kalian pergi ke Layout kemudian pilih Breaks dan pilih Next Page.


Setelah itu kalian di bagian halaman BAB I pergi ke menu Design setelah itu pilih Page Number dan pilih Bottom of Page. Pilih yang Plain Number 2. Setelah itu kita pilih Design selanjutnya pilih Page Number dan pilih Format Page Numbers. Setelah itu kita tinggal ubah Number formatnya. Setelah kita ubah di bagian Page numberingnya kita klik di bagian Start at untuk halaman kita mau di mulai dari number berapa. Disini saya mulai dari angka 1.


Berikut ini hasilnya. Tetapi di halaman cover muncul number. Sedangkan kita tadi di halaman cover di hilangkan sehingga tidak ada number. Caranya untuk menghilangkannya yaitu kita blok number yang ada di bab I dan kita pergi di bagian Design dan klik di bagian Link to Previous untuk menghilangkannya supaya link tersebut tidak aktif. Setelah itu kalian pergi ke halaman cover dan kalian tinggal hapus saja numbernya.


selanjutnya cursor kita diarahkan di bawah pada bagian akhir halaman BAB I. Setelah itu kalian pergi ke Layout kemudian pilih Breaks dan pilih Next Page


Setelah itu kita ke bagian halaman setelah BAB I atau halaman isi dari BAB I. kita pergi ke menu Design setelah itu pilih Page Number dan pilih Top of Page. Pilih yang Plain Number 3


Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini. Setelah itu blok di number seperti gambar di bawah ini dan pergi di bagian Design kemudian kita hilangkan Link to Previous. Kemudian kita hapus number yang ada pada BAB I.


Setelah itu kita blok Number yang bagian atas dan pilih Design selanjutnya pilih Page Number dan pilih Format Page Numbers. Setelah itu kita tinggal ubah Number formatnya. Setelah kita ubah di bagian Page numberingnya kita klik di bagian Start at dan pilih number untuk melanjutkan halaman sebelumnya.


Selanjutnya kita blok number yang bagian bawah dan pergi ke Design. Setelah itu kita hilangkan Link to Previousnya dan tinggal delete numbernya.


Hasilnya seperti gambar dibawah ini.


Kemudian selanjutnya kita pergi ke halaman selanjutnya pilih page Number dan pilih Top of Page. Pilih yang plan Number 3.


Setelah itu kita hilangkan number yang bagian bawah dengan cara blok number tersebut dan pergi ke Design dan hilangkan Link to Previous. Kemudian delete numbernya.


Dan hasilnya seperti gambar di bawah ini. Pada number daftar isikan hilang, kita tinggal pergi ke halaman daftar isi dan pilih page Number dan pilih Bottom of Page. Pilih yang plan Number 2.


Di daftar isikan numbernya ada dua, ada yang di bawah dan di atas. Disini kita hilangkan yang bagian atas dengan kita pergi ke halaman 3 pada gambar di bawah ini dan pergi ke design. Hilangkan Link to Previousnya


Kemudian kita pergi ke daftar isi dan delete number yang bagian atas seperti gambar di bawah ini.


Kemudian di halaman 3 tadi ada numbernya di bawah. Cara menghilagkannya dengan cara blok number 3 di bagian bawah dan hilangkan Link to Previousnya. Delete numbernya.


Akhirnya selesai sudah dan hasilnya seperti di bawah ini. 



Jadi intinya kalian hanya bermain menu Breaks dan pilih Next Page sama Link to Previousnya dihilangkan. Demikianlah Cara Mudah Membuat Halaman Berbeda di Microsoft Word. Apabila ada kesalahan baik tulisan dan sebagainya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga artikel ini dapat membantu kalian.