Jurusan Agribisnis Terbaik di Indonesia Akreditasi Unggul dan A Terbaru


Jurusan Agribisnis adalah jurusan yang mempelajari tentang bisnis yang berbasis di bidang pertanian. Jurusan Agribisnis banyak belajar tentang cara mengolah hasil pertanian, manajemen usaha sampai dengan cara memasarkan suatu produk dari hasil pertanian.

Prospek kerja dari jurusan Agribisnis yaitu sebagai konsultan pertanian, pengusaha, tenaga pengajar, Pegawai Negeri Sipil, Dosen dan masih banyak lagi.

Nah berikut ini merupakan Jurusan Agribisnis Terbaik di Indonesia dengan setatus Akreditasi Unggul dan Akreditasi A Terbaru dari BAN-PT dari Program Studi DIII, S1 dan S2.


3 Universitas yang memiliki program studi D-III Jurusan Agribisnis Akreditasi A


1. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh merupakan perguruan tinggi negeri yang dimana untuk program studi D-III jurusan Agribisnis memiliki akreditasi A. untuk kampusnya berada di RMJ7+FQC, Jl. Raya Negara Jl. Tj. Pati No.KM. 7, Koto Tuo, Kec. Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26271.

2. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret memiliki program studi D-III jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. Universitas Sebelas Maret merupakan kampus negeri yang berlokasi di Jl. Ir. Sutami No.36, Kentingan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126.

3. Politeknik Negeri Jember

Politeknik Negeri Jember memiliki jurusan D-III Manajemen Agribisnis yang dimana jurusannya sudah di akreditasi A. untuk lokasinya berada di Jl. Mastrip, Krajan Timur, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121.


4 Universitas yang memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis Akreditasi Unggul


1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY merupakan kampus swasta yang berlokasi di Jl. Brawijaya, Geblagan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183. Nah untuk jurusan S1 Agribisnis sudah di akreditasi Unggul.

2. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM merupakan kampus swasta yang dimana kampusnya berada di Malang. Untuk program studi S1 Jurusan Agribisnis di UMM sudah di akreditasi Unggul.

3. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya merupakan kampus yang berdiri pada tahun 1963 dan kampusnya berada di Jl. Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145. Universitas Brawijaya memiliki jurusan S1 Agribisnis yang sudah di akreditasi Unggul.

4. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin atau UNHAS merupakan kampus negeri yang di mana untuk jurusan S1 Agribisnis yang sudah di akreditasi Unggul. UNHAS berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No.KM.10, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245.

BACA JUGA: Jurusan Agroteknologi Terbaik Di Indonesia Terbaru Akreditasi A

34 Universitas yang memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis Akreditasi A


1. Universitas Syiah Kuala

Universitas Syiah Kuala memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. Universitas Syiah Kuala merupakan kampus negeri yang berdiri pada tanggal 2 September 1961. Universitas Syiah Kuala berlokasi di Jl. Teuku Nyak Arief No.441, Kopelma Darussalam, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 23111.

2. Universitas Riau

Universitas Riau merupakan kampus negeri dan memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. Universitas Riau berlokasi di Kampus Bina Widya, Jalan HR Soebrantas Km 12,5 Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Riau 28293 – Indonesia.

3. Universitas Islam Riau

Universitas Islam Riau merupakan kampus tertua di Provinsi Riau yang berdiri pada tanggal 4 September 1962 dan memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. untuk lokasi kampusnya yaitu Jl. Kaharuddin Nst No.113, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau 28284.

4. Universitas Andalas

Universitas Andalas merupakan kampus negeri dan memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. untuk lokasi Universitas Andalas yaitu Limau Manis, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat 25175.

5. Universitas Medan Area

Universitas Medan Area merupakan kampus swasta dan memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. Universitas Medan Area beralamat di Jl. Setia Budi No.79 B, Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112.

6. Universitas Jambi

Universitas Jambi merupakan kampus negeri yang berdiri pada tanggal 23 Maret 1963 dan memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. Universitas Jambi berlokasi di Jl. Jambi - Muara Bulian No.KM. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

7. Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya merupakan kampus negeri dan memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. Universitas Sriwijaya berdiri pada tanggal 29 Oktober 1960 dan kampusnya berlokasi di Jl. Masjid Al Gazali, Bukit Lama, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30128.

8. Universitas Lampung

Universitas Lampung merupakan kampus negeri pertama dan tertua di Provinsi Lampung dan memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. untuk alamat kampusnya yaitu Jl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro No.1, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141.

9. Universitas Bengkulu

Universitas Bengkulu merupakan kampus negeri dan memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. Universitas Bengkulu beralamat di Jl. WR. Supratman, Kandang Limun, Kec. Muara Bangka Hulu, Sumatera, Bengkulu 38371.

10. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jurusan Agribisnis di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sudah di akreditasi A. untuk lokasi kampusnya berada di Banten.

11. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah atau UIN Jakarta merupakan kampus negeri dan memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. untuk lokasi kampusnya berada di Jl. Ir H. Juanda No.95, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15412.


12. Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Universitas Muhammadiyah Sukabumi merupakan kampus swasta dan memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. nah untuk lokasi kampusnya berada di Jl. R. Syamsudin, S.H. No. 50, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43113.

13. Universitas Swadaya Gunung Djati

Universitas Swadaya Gunung Djati memiliki jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. nah untuk kampusnya sendiri berada di Jl. Pemuda Raya No.32, Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132.

14. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor atau IPB merupakan kampus negeri dan memiliki program studi S1 Jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. lokasi kampus IPB yaitu di Jl. Raya Dramaga Kampus IPB Dramaga Bogor 16680 West Java, Indonesia.


15. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran merupakan perguruan tinggi negeri dan untuk program studi S1 Jurusan Agribisnis sudah di akreditasi A. untuk alamat kampus Universitas Padjadjaran yaitu Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363.

16. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret adalah kampus negeri yang berada di kota Surakarta yang dimana alamat lengkapnya di Jl. Ir. Sutami No.36, Kentingan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126. Untuk program studi S1 Jurusan Agribisnis sudah di akreditasi A.

17. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau lebih di kenal dengan singkatan UGM merupakan universitas negeri yang dimana di UGM untuk program studi S1 Jurusan Agribisnis sudah di akreditasi A. kampus UGM berlokasi di Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

18. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta atau UPN Veteran Yogyakarta merupakan kampus negeri dan untuk program studi S1 Jurusan Agribisnis sudah di akreditasi A. untuk alamat kampusnya yaitu berada di Jl. SWK Jl. Ring Road Utara No.104, Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283.

19. Institut Pertanian Stiper

Institut Pertanian Stiper atau dikenal dengan INSTIPER Yogyakarta merupakan perguruan tinggi yang didirikan pada 10 Desember 1958 dan untuk program studi S1 Jurusan Agribisnis sudah di akreditasi A. lokasi kampus INSTIPER Yogyakarta yaitu Jl. Nangka II, Krodan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

20. Universitas Janabadra

Universitas Janabadra merupakan kampus swasta dan untuk program studi S1 Jurusan Agribisnis sudah di akreditasi A. untuk lokasi kampusnya yaitu Jl. Tentara Rakyat Mataram No.58, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55231.

21. Universitas Jenderal Soedirman

Universitas Jenderal Soedirman merupakan kampus negeri yang kampusnya berada di Purwokerto, Jawa Tengah. Di kampus ini untuk jurusan Agribisnisnya sudah di akreditasi A. Kampus Universitas Jenderal Soedirman berada di Jl. Profesor DR. HR Boenyamin No.708, Dukuhbandong, Grendeng, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53122.

22. Universitas Islam Malang

Universitas Islam Malang atau lebih dikenal dengan singkatan UNISMA memiliki jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. untuk lokasi kampus UNISMA berada di Kota Malang.

23. Universitas Tribhuwana Tungga Dewi

Universitas Tribhuwana Tungga Dewi memiliki jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. untuk lokasi kampusnya berada di Malang, Jawa Timur.

24. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur merupakan kampus negeri dan untuk jurusan Agribisnisnya sudah di akreditasi A. untuk lokasi kampusnya berada di Surabaya.

25. Universitas Jember

Universitas Jember berlokasi di Kabupaten Jember Prov.Jawa Timur. Universitas Jember merupakan kampus negeri dan di kampus ini ada jurusan Agribisnisnya sudah di Akreditasi A.

26. Universitas Muhammadiyah Jember

Universitas Muhammadiyah Jember memiliki jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. untuk lokasi kampusnya berada di Kab. Jember, Prov. Jawa Timur.

27. Universitas Lambung Mangkurat

Universitas Lambung Mangkurat berlokasi di Banjarmasin dan Banjarbaru Prov. Kalimantan Selatan. Universitas Lambung Mangkurat memiliki jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A.

28. Universitas Udayana

Jurusan Agribisnis di Universitas Udayana sudah di akreditasi A. Universitas Udayana merupakan kampus negeri yang berlokasi di Kab. Badung, Bali.

29. Universitas Pattimura

Universitas Pattimura berlokasi di kota Ambon, Prov. Maluku. Nah di Universitas Pattimura untuk jurusan Agribisnisnya sudah di akreditasi A.

30. Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas Muhammadiyah Makassar yang berlokasi di kota Makassar memiliki jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A.

31. Universitas Trunojoyo

Universitas Trunojoyo merupakan kampus negeri yang berlokasi di Kab. Bangkalan, Prov. Jawa Timur. Untuk jurusan Agribisnis sudah di akreditasi A.

32. Universitas Muslim Indonesia

Universitas Muslim Indonesia memiliki jurusan Agribisnis yang sudah di akreditasi A. Universitas Muslim Indonesia berlokasi di kota Makassar.

33. Universitas Mataram

Jurusan Agribisnis di Universitas Mataram sudah di akreditasi A. Universitas Mataram merupakan kampus negeri yang berlokasi di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

34. Universitas Halu Oleo

Universitas Halu Oleo atau disingkat Unhalu merupakan kampus negeri yang berlokasi di Kendari, Sulawesi Tenggara. Nah di kampus ini untuk jurusan Agribisnisnya sudah di akreditasi A.


2 Universitas yang memiliki program studi S2 Jurusan Agribisnis Akreditasi Unggul


1. Universitas Sriwijaya memiliki jurusan Agribisnis Akreditasi Unggul.

2. Universitas Airlangga memiliki jurusan Agribisnis Veteriner yang sudah di akreditasi Unggul.


12 Universitas yang memiliki program studi S2 Jurusan Agribisnis Akreditasi A


1. Universitas Islam Riau memiliki jurusan Manajemen Agribisnis Akreditasi A.

2. Universitas Medan Area memiliki jurusan Agribisnis Akreditasi A.

3. Universitas Lampung memiliki jurusan Agribisnis Akreditasi A.

4. Universitas Sebelas Maret memiliki jurusan Agribisnis Akreditasi A.

5. Universitas Gadjah Mada memiliki jurusan Magister Manajemen Agribisnis yang sudah di akreditasi A.

6. Universitas Diponegoro memiliki jurusan Agribisnis Akreditasi A.

7. Universitas Muhammadiyah Malang memiliki jurusan Agribisnis Akreditasi A.

8. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur memiliki jurusan Agribisnis Akreditasi A.

9. Universitas Udayana memiliki jurusan Agribisnis Akreditasi A.

10. Universitas Hasanuddin memiliki jurusan Agribisnis Akreditasi A.

11. Institut Pertanian Bogor memiliki jurusan Sains Agribisnis Akreditasi A.

12. Universitas Halu Oleo memiliki jurusan Agribisnis Akreditasi A.

BACA JUGA: Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia Akreditasi A Terbaru