8 Universitas Terbaik di Semarang Akreditasi A Terbaru


pakcikgo.com- Kota semarang merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia. kota semarang merupakan ibu kota provinsi Jawa Tengah. Nama semarang secara etimologis berasal dari kata “sem” yang memiliki arti “asam atau pohon asam” dan kata “arang” memiliki arti yaitu “jarang”. Jadi kalau di gabungkan menjadi “asam yang jarang-jarang”. 

Kota semarang memiliki universitas-universitas negeri maupun swasta yang terbaik. Sehingga banyak para pelajar dari berbagai wilayah di Indonesia menuntut ilmu di kota ini. Berikut ini 6 Universitas Terbaik di Semarang Akreditasi A. apa aja itu ayo di simak ya,,,,

1. Universitas Diponegoro (Undip)

Sumber gambar: www.undip.ac.id
Universitas Diponegoro (Undip) didirikan pada tanggal 9 Januari 1957 dan merupakan perguruan tinggi negeri di kota semarang. Kata Diponegoro sendiri diambil dari nama pahlawan nasional yaitu Pangeran Diponegoro. Undip memiliki moto yaitu The Excellent Research University.

Universitas Diponegoro (Undip) memiliki Fakultas dan Program Studi yaitu Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Sekolah Pascasarjana dan Sekolah Vokasi.

Universitas Diponegoro (Undip) sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Undip yaitu di Jl.Prof.H.Soedarto, S.H.Tembalang, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275.

Peta Lokasi




2. Universitas Negeri Semarang (UNNES)


Sumber gambar: jowonews.com

Universitas Negeri Semarang (UNNES) berdiri pada tahun 1965 yang sebelum lebih di kenal dengan nama IKIP Negeri Semarang. Dengan terbitnya Keputusan Presiden Nomor 124 tahun 1999, IKIP Semarang kemudian berganti nama menjadi Universitas Negeri Semarang yang disingkat UNNES.

Universitas Negeri Semarang (UNNES) memiliki Fakultas dan Program Studi yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Program Pascasarjana.

Universitas Negeri Semarang sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus UNNES yaitu di Jl. Sekaran Raya, Sekaran, Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50229.

Peta Lokasi



3.Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Sumber Gambar: http://fpk.walisongo.ac.id/profil-fpk/

Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN Walisongo) merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang didirikan pada tanggal 6 April 1970. 

Universitas Islam Negeri Walisongo memiliki Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Fakultas Syariah Dan Hukum, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Fakultas Ushluddin Dan Humaniora, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Psikoligi dan Kesehatan, Fakultas Sains Dan Teknologi, dan Program Pascasarjana.

Universitas Islam Negeri Walisongo sudah mendapatkan Akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Universitas Islam Negeri Walisongo yaitu Kampus 1: Jalan Walisongo No 3-5 Semarang 50185, Jawa Tengah, Indonesia. Telp/Fax : (024) 7604554, 7624334 / (024) 7601293. E-Mail : uin@walisongo.ac.id. Kampus 2: Jalan Prof. Hamka, Ngaliyan, Kota Semarang 50185, Jawa Tengah, Indonesia. Kampus 3: Jalan Prof. Hamka, Ngaliyan, Kota Semarang 50185, Jawa Tengah, Indonesia.

Peta Lokasi



4.Universitas Islam Sultan Agung
Sumber Gambar: http://unissula.ac.id/c24-berita-unissula/sembilan-alasan-memilh-unissula/

Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) merupakan perguruan tinggi Swasta dan merupakan Universitas yang tertua di Semarang. UNISSULA memiliki moto yaitu Bismillah Membangun Generasi Khaira Ummah. Universitas ini didirikan pada tanggal 16 Dzulhijjah 1381 H atau 20 Mei 1962 M.

Universitas Islam Sultan Agung memiliki Program Sarjana yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Bahasa & Ilmu Komunikasi, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung juga memiliki Program Pascasarjana yaitu Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum, Magister Teknik Sipil, Magister Teknik Elektro, Magister Biomedik, Magister Kenotariatan, Magister Pend. Agama Islam, Doktoral Ilmu Hukum, Doktoral Teknik Sipil dan Doktoral Ilmu Manajemen.

Universitas Islam Sultan Agung sudah mendapatkan Akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dan Terakreditasi Internasional oleh ASIC United Kingdom. Untuk lokasi kampus Universitas Islam Sultan Agung yaitu di Jl. Kaligawe Raya No.KM, RW.4, Terboyo Kulon, Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah 50112.


Peta Lokasi




5. Universitas Dian Nuswantoro


Sumber gambar: dinus.ac.id

Universitas Dian Nuswantoro didirikan pada tahun 1990 dan merupakan perguruan tinggi swasta di kota Semarang. Universitas Dian Nuswantoro memiliki moto yaitu Untuk masa depan yang lebih baik (for a better future).

Universitas Dian Nuswantoro memiliki Fakultas dan Program Studi yaitu Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kesehatan, Fakultas Teknik dan Pasca Sarjana.

Universitas Dian Nuswantoro sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Universitas Dian Nuswantoro yaitu di Jl. Imam Bonjol No.207, Pendrikan Kidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50131.

Peta Lokasi





6. Universitas Katolik Soegijapranata

Sumber gambar: unika.ac.id

Universitas Katolik Soegijapranata didirikan pada tanggal 5 Agustus 1982 dan merupakan perguruan tinggi swasta di kota Semarang. Universitas Katolik Soegijapranata memiliki moto yaitu Talenta pro patria et humanitate yang artinya dalam Bahasa Indonesia yaitu Talenta Terbaik Di Persembahkan Demi Bangsa-negara Serta Kemanusiaan.

Universitas Katolik Soegijapranata memiliki Fakultas dan Program Studi yaitu Fakultas Arsitektur & Desain, Fakultas Hukum & Komunikasi, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa & Seni, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ilmu Komputer, Program Khusus, Rekayasa Infrastruktur & Lingkungan, International Program, Fakultas Kedokteran, Pascasarjana dan Program Doktor.

Universitas Katolik Soegijapranata sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Universitas Katolik Soegijapranata yaitu di Jl. Pawiyatan Luhur IV No.1, Bendan Dhuwur, Tinjomoyo, Banyumanik, Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50235.

Peta Lokasi



Baca juga : 7 Universitas Terbaik di Bandung Akreditasi A Terbaru


7. Politeknik Negeri Semarang

Sumber gambar: YouTube.com

Politeknik Negeri Semarang didirikan pada tahun 1982 dan meruapakn perguruan tinggi negeri yang terdapat di kota Semarang. Politeknik Negeri Semarang memiliki motto yaitu Committed to Quality.

Politeknik Negeri Semarang memiliki 5 jurusan yaitu Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Niaga.

Politeknik Negeri Semarang sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Politeknik Negeri Semarang yaitu di Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275.

Peta Lokasi





8. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Sumber gambar: YouTube.com

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang merupakan perguruan tinggi kedinasan bidang Pelayaran dan Kepelabuhan yang berada di Semarang. Sebelumnya Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang bernama BPLP mulai tahun akademik 1995/1996 membuka program diklat kepelautan dan kepelabuhanan Diploma IV. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang mempunyai 3 program Studi yaitu Nautika, Teknika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yaitu di Jl. Singosari Raya No.2A, Wonodri, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50242.

Peta Lokasi



berikut ini 8 Universitas Terbaik di Semarang yang memiliki Akreditasi A. setiap kampus mempunyai kelebihan tersendiri. semoga artikel ini dapat membantu kawan-kawan dalam mencari kampus yang ada di kota Semarang. Apabila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

jika terdapat uptade akreditasi mohon untuk menulis di kolom komentar ya.

terimakasih ya.

Baca juga : 9 Universitas Terbaik di Yogyakarta Akreditasi A Terbaru