13 Universitas Terbaik di Jakarta Akreditasi A Terbaru

10 Universitas Terbaik di Jakarta yang memiliki Akreditasi A

Jakarta merupakan ibu kota negara dan termasuk kota terbesar di Indonesia. Tidak heran banyak pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya di Jakarta. Dalam memilih perguruan tinggi yang baik kita perlu banyak membaca referensi dalam memilih kampus yang kita inginkan. Berikut ini perguruan tinggi di Jakarta yang sudah akreditasi A.


1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia
Sumber gambar: medicprolink.com.my
Pada tahun 1849 pemerintah Kolonial Belanda membangun sebuah sekolah tinggi ilmu kesehatan. Kemudian pada bulan januari 1851 sekolah tersebut secara resmi dinamakan sebagai Dokter-Djawa School. 

Nood-universiteit berganti nama menjadi Universiteit van IndonesiĆ« pada tahun 1947. Universiteit van IndonesiĆ« kemudian disatukan menjadi “Universiteit Indonesia” pada 1950.  UI memiliki moto Veritas, Probitas, Iustitia dalam Bahasa indonesianya Kebenaran, Kejujuran, Keadilan.

Universitas Indonesia saat ini memiliki 14 fakultas, 2 sekolah pascasarjana, dan 1 program vokasi. 14 fakultas itu di antaranya Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Farmasi dan Fakultas Ilmu Administrasi.

UI sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Lokasi kampus UI yaitu kampus depok di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424 dan kampus salemba di Jl. Salemba Raya, RW.5, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430. 

Peta Lokasi



2. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma
Sumber gambar: cdn.tmpo.co
Pada tanggal 7 Agustus 1981 berdiri Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK). 3 tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. 

Pada tanggal 13 Januari 1990, berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma melebur menjadi UNIVERSITAS GUNADARMA.

Universitas Gunadarma memiliki Fakultas Ilmu Komputer dan TI, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra, Fakultas Komunikasi, Diploma III dan Pasca Sarjana.

Universitas Gunadarma sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Lokasi kampus Universitas Gunadarma yaitu:  
  • kampus A di Jl. Kenari nomor 13 Jakarta Pusat, 10430 Phone : 330220, 330226. 
  • Kampus B di Jl. Salemba Bluntas Jakarta Pusat. 
  • Kampus C di Jl. Salemba Raya nomor 53 Jakarta Pusat Phone : 3906518, 3908568 Fax : 3100325. 
  • Kampus D di Jl. Margonda Raya Pondok Cina, Depok Phone : 7863819, 7520981,7863788. 
  • Kampus E di Jl. Akses Kelapa Dua Kelapa Dua, Cimanggis Phone : 8719525, 8710561, 8727541 ext. 103,106 Fax : 8710561. 
  • Kampus G di Jl. Akses Kelapa Dua Kelapa Dua, Cimanggis Phone : 8719525, 8710561, 8727541 ext. 103,106 Fax : 8710561. 
  • Kampus H di Jl. Akses Kelapa Dua Kelapa Dua, Cimanggis Phone : 8719525, 8710561, 8727541 ext. 103,106 Fax : 8710561. 
  • Kampus J di Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang Bekasi, Phone : 88860117.

Peta Lokasi



3. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana
Sumber gambar: 4.bp.blogspot.com
Universitas Mercu Buana didirikan pada tanggal 22 Oktober 1985 dan merupakan universitas swasta di Jakarta, Indonesia. 

Universitas Mercu Buana memiliki program Diploma 3 yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Profesi yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Strata 1 yaitu Fakultas Desain dan Seni Kreatif, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Psikologi. Strata 2 yaitu Magister Teknik Industri, Magister Teknik Elektro, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Manajemen dan Magister Akuntansi.

Universitas Mercu Buana saat ini sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Lokasi kampus Universitas Mercu Buana yaitu Kampus Meruya di Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat. Kampus Menteng di Jl. Menteng Raya No.29, Jakarta Pusat. Kampus Cibubur di Jl. Keranggan No.6, Jatisampurna Bekasi.

Peta Lokasi



Baca Juga : 5 Universitas Terbaik di Malang Akreditasi A Terbaru

4. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara
Sumber gambar: upload.wikimedia.org
Universitas Bina Nusantara biasa lebih terkenal dengan Binus University. Universitas Bina Nusantara didirikan pada tanggal 8 Agustus 1996. Universitas Bina Nusantara memiliki moto yaitu Membangun Bangsa melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. (Establishing the future through science and technology) dan merupakan Perguruan Tinggi Swasta.

Universitas Bina Nusantara mempunyai 3 program kuliah, yaitu program reguler, internasional, dan secara daring. Universitas Bina Nusantara memiliki 3 tingkatan program kuliah regular yang terdiri atas tingkat sarjana, magister dan doktor. 

Universitas Bina Nusantara memiliki perkuliahan sarjana dengan satu gelar dan program ganda di mana mahasiswa akan memperoleh dua gelar sarjana dari sekolah atau fakultas yang berbeda. Program kuliah satu gelar yaitu Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Sekolah Teknik Informatika, Sekolah Desain, Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Fakultas Humaniora. 

Untuk Program kuliah ganda yaitu Teknik Industri dan Manajemen, Sistem Informasi dan Akuntansi, Sistem Informasi dan Manajemen, Sistem Informasi dan Teknik Industri, Teknik Informatika dan Matematika dan Teknik Informatika dan Statistika.

Universitas Bina Nusantara sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Universitas Bina Nusantara yaitu: 

  • Kampus Syahdan di Jl. K H. Syahdan No. 9, Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat 11480. 
  • Kampus Anggrek di Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530. 
  • Kampus Kijang di Jl. Kemanggisan Ilir III No. 45, Kelurahan Kemanggisan, Jakarta Barat 11480. 
  • Kampus Alam Sutera di Jl. Jalur Sutera Barat, Alam Sutera, Panunggangan Timur, Kota Tangerang 15143. 
  • Kampus JWC di Jl. Hang Lekir I No. 6, Senayan, Jakarta Selatan 10270.

Peta Lokasi



5. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti
Sumber gambar: kampusaja.com
Universitas Trisakti merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965. Universitas Trisakti memiliki moto yaitu Menjadi Universitas Terkemuka, Bermutu Internasional dalam Mengembangkan llmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni untuk Meningkatkan Kualitas Hidup dan Peradaban.

Universitas Trisakti mempunyai 9 Fakultas yaitu  Fakultas hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas kedokteran, Fakultas kedokteran gigi, Fakultas teknik sipil dan perencanaan, Fakultas teknologi industri, Fakultas teknologi kebumian dan energi, Fakultas arsitektur lansekap dan teknologi lingkungan, Fakultas seni rupa dan desain. 

Universitas Trisakti mempunyai total 23 program studi sarjana (S1) ditambah dengan 8 program studi pasca sarjana (S2), dan 3 program studi doktoral (S3) dan merupakan salah satu kampus swasta terbesar di Jakarta.

Universitas Trisakti sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Universitas Trisakti yaitu: 

  • Kampus A, Berlokasi di Jl. Kyai Tapa no. 1 Grogol Jakarta Barat 11440. 
  • Kampus B, Berlokasi di Jl. Kyai Tapa Kav 262 Grogol Jakarta Barat 11440. 
  • Kampus C, Berlokasi di Jl. A. Yani (By Pass) Kav. 85, Rawasari, Jakarta Timur 13210.
  • Kampus D, Berlokasi di Jl. IKPN Tanah Kusir Bintaro Jakarta Selatan 12330.
  • Kampus F, Berlokasi di Jl. Jenderal Ahmad Yani No 107 By Pass, Rawasai, Jakarta Timur 13210. 
  • Kampus G, Berlokasi di Jl. Kyai Tapa no. 100 Grogol Jakarta Barat 11440.


Peta Lokasi



Baca Juga : Universitas Terbaik di Surakarta Akreditasi A Terbaru

6. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA)
Sumber gambar: static.republika.co.id
Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka merupakan perguruan tinggi swasta dan merupakan salah satu dari jaringan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka didirikan pada tanggal 18 November 1957 bertepatan dengan 25 Rabiul Awal 1377 Hijriah.

Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA)  memiliki 9 fakultas pada program sarjana (S1) dan untuk program studi magister (S2) dikelola oleh Sekolah Pascasarjana (SPS UHAMKA). Fakultas-fakultas yang ada di UHAMKA yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Farmasi dan Sains, Fakultas Agama Islam, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Pascasarjana.

UHAMKA sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus UHAMKA yaitu: 

  • Kampus A di Jl. Limau II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 
  • Kampus B di Jl. Tanah Merdeka, Ciracas, Jakarta Timur. 
  • Kampus C di Jl. Delima II, Perumnas Klender, Jakarta Timur. 
  • Kampus D di Jl. Matraman No. 21. Jakarta Timur. Kampus E di Jl. Tanah Merdeka No.6, Ciracas, Jakarta Timur. 
  • Kampus F di Jl. Warung Jati Barat, Pancoran, Jakarta Selatan. Kampus G di Jl. Gandaria IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Peta Lokasi




7. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Sumber gambar: www.panjimas.com
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah yang sebelumnya IAIN Syarif Hidayatullah atau IAIN Jakarta) didirkan pada tanggal 1 Juni 1957.  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah memiliki motto yaitu "Knowledge, Piety, Integrity".

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah memiliki Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Fakultas Ushuluddin (FU), Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM), Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI), Fakultas Psikologi (FPSI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Sekolah Pascasarjana (SPS).

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah yaitu: 
  • Alamat Kampus 1: Jl. Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia 15412. 
  • Alamat Kampus 2: Jl. Kertamukti, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia 15412.
  • Alamat Kampus 3: Jl. Tarumanegara, Pisangan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten 15419. 

Peta Lokasi


Baca Juga : Universitas Terbaik di Padang Akreditasi A Terbaru 

8. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Sumber gambar: e-lis.org
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau disingkat Unika Atma Jaya didirkan pada tanggal 1 Juni 1960 dan merupakan perguruan tinggi swasta di Jakarta. Unika Atma Jaya memiliki moto Terpercaya Kualitas Lulusannya.

Unika Atma Jaya memiliki 8 Fakultas dan 1 sekolah pascasarjana. Fakultas-fakultas yang ada Unika Atma Jaya yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis,  Fakultas Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknobiologi.

Unika Atma Jaya sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Unika Atma Jaya yaitu: 
  • Kampus Semanggi di Jl. Jend. Sudirman No.51, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930. 
  • Kampus Pluit di Jl. Pluit Raya No.2, RT.21/RW.8, Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440.

Peta Lokasi




9. Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara
Sumber gambar: robagu.co.id
Universitas Tarumanagara didirkan pada tanggal 1 Oktober 1959 dengan ditandai berdirinya "Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara" di bawah naungan "Yayasan Tarumanagara" yang berdiri pada tanggal 18 Juni 1959 dan merupakan salah satu universitas swasta tertua di Jakarta. Nama universitas ini berasal dari nama kerajaan Tarumanagara.

Universitas Tarumanagara memiliki Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Seni Rupa Dan Desain, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Pascasarjana.

Universitas Tarumanagara sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Universitas Tarumanagara yaitu di Jalan Letjen S. Parman No.1, RT.11/RW.1, Tanjung Duren Utara, Grogol petamburan, RT.11/RW.1, Tj. Duren Utara, Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470.

Peta Lokasi




10. Universitas Nasional

Universitas Nasional (UNAS)
Sumber gambar: madanionline.org
Universitas Nasional (UNAS) didirikan pada tanggal 15 Oktober 1949. UNAS merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tertua di Jakarta dan kedua tertua di Indonesia. Julukan UNAS yaitu Universitas Perjuangan.

UNAS memiliki Sekolah Pascasarjana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan Sains, Fakultas Biologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Fakultas Ilmu Kesehatan, Akademi Bahasa Asing Nasional, Akademi Pariwisata Nasional.

UNAS sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus UNAS yaitu di Jl. Sawo Manila, RT.14/RW.3, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520. 

Peta Lokasi



11. Universitas Pancasila

http://www.univpancasila.ac.id/index.php/page/detail/sejarah
Universitas Pancasila (UP) didirikan pada tanggal 28 Oktober 1966. Universitas Pancasila merupakan salah satu universitas swasta di Jakarta. 

Universitas Pancasila memiliki Program Profesi yaitu Profesi Apoteker. Program Studi D3 yaitu Perpajakan, Akuntansi, Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Farmasi. Program Studi S1 yaitu Akuntansi, Manajemen, Farmasi, Hukum, Teknik Arsitektur, Teknik Mesin dan Teknik Sipil. Pasca Sarjana yaitu S3 Ilmu Ekonomi, S3 Ilmu Farmasi, S2 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Kenotariatan, S2 Kefarmasian, S2 Manajemen, S2 Akuntansi dan S3 Teknik Mesin.

Universitas Pancasila sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Universitas Pancasila yaitu Kampus 1 berlokasi di Jl.Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan 12640 dan Kampus 2 berlokasi di Jl.Borobudur No.7 Jakarta Pusat 10320.

Peta Lokasi


12. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti

https://www.tsm.ac.id/yayasan-trisakti/
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti didirikan pada tahun 1974. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti merupakan salah satu universitas Swasta di Jakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti memiliki program Studi S1 Akuntansi dan S1 Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 

Trisakti sudah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus Jl. Kyai Tapa No.20, RT.1/RW.9, Tomang, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11440.

Peta Lokasi

13. Universitas Negeri Jakarta

Sumber gambar: http://journal.unj.ac.id/
Universitas Negeri Jakarta didirikan pada tanggal 16 Mei 1964. Universitas Negeri Jakarta merupakan universitas negeri di Kota Jakarta. Universitas Negeri Jakarta memiliki moto yaitu Building Future Leaders.

Universitas Negeri Jakarta memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Olahraga, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pendidikan Psikologi dan Program Pascasarjana.

Universitas Negeri Jakarta sudah mendapatkan akreditasi “UNGGUL” dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Untuk lokasi kampus yaitu Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun,  Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220.

Peta Lokasi

Berikut ini Universitas terbaik Akreditasi "A" di Jakarta. setiap kampus mempunyai kelebihan tersendiri. semoga artikel ini dapat membantu kawan-kawan dalam mencari kampus yang ada di Jakarta. Apabila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

jika terdapat uptade akreditasi mohon untuk menulis di kolom komentar ya.

terimakasih ya.
Baca Juga : Universitas Terbaik di Bali Akreditasi A Terbaru