Jurusan Fisika Terbaik di Indonesia Akreditasi A Terbaru

Jurusan Fisika Terbaik di Indonesia Akreditasi A Terbaru- Jurusan Fisika adalah jurusan yang mempelajari tentang gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Tujuan utama ilmu fisika yaitu kita akan belajar memahami bagaimana alam semesta bekerja.

Mata Kuliah jurusan Fisika yaitu Fisika Modern, Listrik Magnet, Mekanika, Pengolahan Sinyal, Fisika Kuantum, Termodinamika, Seismologi, Biofisika, Fisika logam, Elektrodinamika Kuantum, Fisika Lingkungan dan masih banyak lagi.

Nah berikut ini merupakan Jurusan Fisika Terbaik di Indonesia dengan setatus Akreditasi A Terbaru dari BAN-PT dari Program Studi S1, S2 dan S3.


2 Universitas yang memiliki program studi S1 Jurusan Fisika Akreditasi Unggul

1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung atau ITB memiliki program studi S1 jurusan Fisika yang sudah di akreditasi A. kampus ITB berada di Kota Bandung.

2. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga merupakan kampus yang berada di Jl. Airlangga No.4 - 6, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur. Untuk program studi S1 jurusan Fisikanya sudah di akreditasi A.

26 Universitas yang memiliki program studi S1 Jurusan Fisika Akreditasi A


1. Universitas Syiah Kuala

Universitas Syiah Kuala memiliki jurusan Fisika yang sudah di akreditasi A untuk program studi S1. Universitas Syiah Kuala terletak di kota Banda Aceh.

2. Universitas Andalas

Salah satu Universitas yang berada di Kota padang yaitu Universitas Andalas. Universitas Andalas merupakan Universitas Negeri dan memiliki jurusan Fisikanya yang sudah di akreditasi A.

3. Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang atau UNP merupakan universitas negeri yang terletak di Padang provinsi Sumatera Barat. Nah di UNP ada salah satu jurusan yang sudah di akreditasi A yaitu jurusan Fisika.

4. Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan memiliki jurusan Fisika yang sudah akreditasi A. Universitas Negeri Medan juga merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Sumatera Utara.

5. Universitas Riau

Universitas Riau atau disingkat UNRI merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Pekanbaru. Nah di UNRI ada jurusan Fisika yang udah di akreditasi A.

6. Universitas Lampung

Universitas Lampung merupakan kampus negeri pertama dan tertua di Provinsi Lampung. Nah di kampus Universitas Lampung ini ada jurusan Fisika yang udah di akreditasi A.

7. Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta atau UNJ yang didirikan pada tahun 1964 ini merupakan perguruan tinggi negeri dan berlokasi di kota Jakarta. Nah di UNJ ada jurusan S1 Fisika yang sudah di akreditasi A.

8. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau UI memiliki juruan Fisika yang udah di akreditasi A. UI merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang berlokasi di Kota Depok dan Jakarta.

9. Institut Pertanian Bogor

Nah Institut Pertanian Bogor yang berlokasi di Bogor ini memiliki jurusan S1 Fisika yang sudah di akreditasi A.

10. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran merupakan perguruan tinggi negeri yang dimana kampusnya berada di Bandung, Jawa Barat.

11. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan yang berada di kota Bandung ini memiliki jurusan fisika yang sudah di akreditasi A. 

12. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu kampus negeri yang dimana kampusnya berlokasi di Kota Solo. Salah satu jurusan di kampus ini yang sudah di akreditasi A yaitu Jurusan Fisika.

13. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau lebih di kenal dengan sebutan UGM merupakan kampus yang berada di Yogyakarta, UGM merupakan kampus negeri dan di UGM memiliki jurusan Fisika yang sudah akreditasi A.

14. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY merupakan kampus negeri yang berlokasi di Yogyakarta. Nah di UNY ada salah satu jurusan yang sudah di akreditasi A yaitu jurusan Fisika.

15. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga yang berlokasi di Yogyakarta merupakan kampus Agama Islam Negeri pertama di Indonesia. Untuk S1 Jurusan Fisika di kampus ini sudah di akreditasi A.

16. Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan merupakan kampus swasta yang dimana kampusnya berada di Yogyakarta. Di kampus ini ada jurusan fisika yang sudah di akreditasi A.

17. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro atau Undip merupakan kampus yang berada di Semarang dan merupakan kampus negeri. Di Universitas Diponegoro ada jurusan yang sudah di akreditasi A yaitu jurusan Fisika.

18. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang yang kampusnya berada di Semarang dan merupakan salah satu kampus negeri. Jurusan fisika di Universitas Negeri Semarang sudah di akreditasi A.

19. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya yang berdiri pada tahun 1963 dan berada di kota Malang, Jawa Timur memiliki jurusan fisikanya sudah di akreditasi A.

20.Universitas Jember

Universitas Jember memiliki jurusan fisika yang sudah di akreditasi A. Universitas Jember merupakan kampus negeri yang berada di kabupaten Jember, Jawa Timur.

21. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang merupakan kampus negeri yang berada di kota Malang. Nah di kampus ini ada jurusan yang sudah di akreditasi A yaitu jurusan fisika.

22. Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya merupakan perguruan tinggi negeri. Jurusan fisika di kampus ini sudah di akreditasi A.

23. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang merupakan salah satu kampus negeri ini memiliki jurusan fisika yang sudah di akreditasi A. untuk lokasi kampusnya berada di kota Surabaya.

24. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin atau disingkat UNHAS merupakan perguruan tinggi negeri yang dimana kampus terletak di kota Makassar. UNHAS sendiri memiliki jurusan fisika yang sudah di akreditasi A.

25. Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar beralamat di Jl. A. P. Pettarani, Tidung, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. UNM merupakan kampus negeri dan jurusan fisika di kampus ini sudah di akreditasi A.

26. Universitas Halu Oleo

Universitas Halu Oleo memiliki jurusan fisika yang sudah di akreditasi A. Universitas Halu Oleo sendiri merupakan kampus negeri yang berada di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA: Jurusan Pendidikan Fisika Terbaik di Indonesia Akreditasi A Terbaru

6 Universitas yang memiliki program studi S2 Jurusan Fisika Akreditasi A

1. Universitas Andalas

2. Institut Teknologi Bandung

3. Universitas Diponegoro

4. Universitas Gadjah Mada

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

6. Universitas Brawijaya

1 Universitas yang memiliki program studi S3 Jurusan Fisika Akreditasi A

1. Institut Teknologi Bandung

2 Universitas yang memiliki program studi S3 Jurusan Ilmu Fisika Akreditasi A

1. Universitas Gadjah Mada

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember